Baking Cooking Story

Di postingan ini mau share foto-foto baking dan cooking saya selama 2 bulan terakhir yaitu bulan maret dan april ini. saya sempat coba beberapa resep walaupun sering kehilangan ide mau coba resep apalagi. pengen bikin cake yang rasanya fresh tapi bingung musti resep gimana ya. browsing sana sini ga nemu juga apa yang saya mau. So, at the end nyobain resep itu lagi itu lagi. ini beberapa makanan yang saya coba di dapur akhir – akhir ini

Apam balik – ban jian kueh

20170310_080544.jpg

Uda lupa juga gimana bisa nemu resep ini, cuma memang waktu itu mama saya lagi doyan martabak model ginian dan kebetulan saya nemu resepnya. Resep ini cocok di lidah kami. Martabak nya lembut dan bersarang. biasa nya diolesi pasta kacang merah buatan mama saya dan kacang yang digiling kasar

Chicken Gallete

20170311153844-01.jpeg

Ini karena lihat ada yang posting Fruit Gallete seperti blueberry / apple gallete gitu. Galette itu pie yang dibuat dengan bentuk sesukanya atau rustic lah istilahnya. kalo buat fruit gallete dirumah saya yakin ga ada yang doyan. jadinya saya buat savory gallete dengan isian chicken ragout seperti isian chicken pie dan saya beri mozarella jadi mirip pizza jg.. Seharusnya kulitnya itu pakai kulit pie tapi saya pakai kulit puff pastry instan karena masih ada sisa 1 atau 2 lembar. Rasanya enak !

Lapis Malang

20170318170839-02

Finally, saya cobain resep lapis surabaya. sudah dari tahun lalu pengen tapi terus tertunda karena jumlah telurnya yang teramat banyak. Saya coba buat 1/3 resep aja jadi menggunakan sekitar 10 butir telur untuk loyang 22x22cm dan dibagi dua jadi 2 lapis coklat dan ori makanya saya sebut lapis malang aja. karena setelah browsing lapis malang memang cuman 2 lapis. Saya menggunakan metode sponge cake jadi mentega dilelehkan terlebih dahulu sehingga rasanya lembut, tidak berpori dan tidak terlalu padat dan masih buttery

20170326160437-01

Kemudian saya juga buat lagi dengan resep yang lebih sedikit jumlah telurnya sebut saja cake 2 lapis karena penggunaan telur nya cuman 6pcs dan ada pakai telur putihnya. Tekstur cake ini lebih ringan dan tidak terlalu buttery.

Pisang Goreng keju

20170319151351

Nyobain goreng pisang pakai pisang lilin dengan menggunakan tepung goreng pisang dari kobe. Crispy nya enak. saus nya pake susu kental manis biasa + coklat leleh karena ga punya SKM Coklat dan taburi parutan keju sebanyak mungkin. YUMMY

Marble Cake

20170409112902-01

Pakai resep Mrs Ng Buttercake cuman saya tambah telurnya biar lebih lembut dan tidak terlalu padat layaknya buttercake. Ribet ya mau nya buttercake tapi ga mau yang padat-padat.

Almond Tart

20170330205357.jpg

Kulit tart diisi dengan cake almond. wangi tapi teksturnya kering karena cakenya hampir full almond halus. kurang berasa sih menurut saya. hmm, ini termasuk resep yang kemungkinan besar untuk bikin lagi tipis.

Mie Goreng ala yakisoba

20170319161834.JPG

Saya masak mie goreng biasa tapi pakai bahan – bahan seperti untuk yakisoba. juga pakai saus tiram + tomat. Rasanya lumayan enak loh

Cumi Goreng tepung

20170326160716

Beli cumi nya di pasar mitra sehabis sarapan, kemudian coba di rendam pakai kapur sirih sesuai resep dari buku femina jadul. tapi saya ga full ikut intruksinya air kapur sirihnya saya bilas baru digoreng crispy hasilnya sebagian cumi nya masih alot sebagian aja yang lembut. hikss

Chiffon Pandan dan Cheese Tart

ini ga ada foto nya, chiffon pandan atas request mama saya pakai jus pandan asli. Enak dan lembut chiffonnya. untuk cheese tartnya sedikit meleset karena ratio keju cheddar agak banyak jadi terlalu asin -_-

Chiffon Pisang

20170501_150502Karena banyak pisang lilin dirumah dan kurang cocok dimakan langsung maka saya bikinin chiffon aja deh.

Banana Crumble Pie

20170501_152001

Pie yang disi vla pisang dan ditaburi crumble kemudian dipanggang sampai agak kering. Ini Enak dan wangi banget apalagi dimakan hangat. kalo uda lewat sehari kulit pie nya jadi lembek dan harus dipanaskan kembali di oven atau pakai teflon. Next time taruh isian keju di dalam agar lebih enak lagi.

Blackpepper Chicken Pizza

20170430_14560020170430_150107

Lagi pengen pizza, jadi buat 1 loyang uk 26x26cm pakai ayam lada hitam aja dan enakkk. jadi pengen lagi sekarang.

dan juga ada 5 masakan lain yang jadi Saturday night dinner di postingan sebelah

Kalau dilistkan lumayan banyak juga experiment saya di dapur 2 bulan terakhir ini.

-Met Cooking and Baking –

Leave a Reply

